Cegah Kemacetan Saat Berburu Takjil, Polisi Laksanakan Strong Point

Cegah Kemacetan Saat Berburu Takjil, Polisi Laksanakan Strong Point

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Bulan Ramadhan merupakan bulan spesial bagi seluruh umat muslim di dunia. Selain identik dengan aktivitas keagamaan, Ramadhan juga lekat  dengan tradisi ngabuburit (menunggu berbuka puasa). Dimana, masyarakat mencari menu di lokasi pusat jajanan berbuka puasa atau takjil.

Di Manggarai Barat, khususnya di kawasan Kampung Ujung Labuan Bajo, gerai-gerai khusus takjil menjadi tempat yang ramai dikunjungi saat menjelang waktu berbuka. Sehingga di beberapa ruas jalan, mobilitas masyarakat meningkat dan dapat berpotensi membuat kepadatan arus lalu lintas.

Untuk mengantisipasi kemacetan, laka lantas dan gangguan Kamtibmas, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Manggarai Barat melaksanakan pengaturan lalulintas (strong point) pada sore hari jelang waktu berbuka puasa di Kota Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin (08/04/2024) kemarin. 

Hal itu dilaksanakan selama bulan Ramadhan guna mengantisipasi serta mengurangi terjadinya kemacetan yang terjadi akibat tingginya intensitas arus kendaraan menjelang berbuka di wilayah hukum Polres Manggarai Barat. 

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasat Lantas, AKP Kaha Rudin, S.H. mengatakan, pihaknya menurunkan puluhan personel setiap harinya untuk mengatur lalu lintas, terlebih disimpang-simpang tempat penjajakan makan berbuka puasa. 

"Pantauan kami pada saat menjelang waktu berbuka puasa, banyak warga berburu takjil di pusat kuliner Kampung Ujung, jadi kami hadir untuk menciptakan kenyamanan dan mencegah kemacetan," kata Kasat Lantas.

Selain melakukan pengaturan lalu lintas, personil yang turun juga mengatur para pengendara yang parkir sembarangan terutama di bahu jalan. Hal tersebut menjadi penyebab utama terjadinya kemacetan di ruas Jalan Soekarno-Hatta Labuan Bajo itu. 

"Upaya Satlantas Polres Manggarai Barat ini diharapkan dapat mengantisipasi serta mengurangi terjadinya kemacetan yang dapat mengganggu kenyamanan masyarakat menjelang berbuka puasa. Semua langkah yang diambil bertujuan untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib selama bulan suci Ramadhan," ungkapnya.

Lebih lanjut, petugas juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar tertib di jalan dan mematuhi peraturan lalu lintas yang ada.

"Kita mengimbau kepada semua masyarakat pengguna jalan, agar selalu berhati-hati dalam berkendara, tetap mematuhi peraturan berlalu lintas. Gunakan helm demi keselamatan, ingat keluarga kita menanti di rumah," tutur AKP Kaha Rudin, S.H.**#