Bantu Masyarakat, Polres Mabar Gelar Donor Darah Sambut Hari Bhayangkara Ke-77

Bantu Masyarakat, Polres Mabar Gelar Donor Darah Sambut Hari Bhayangkara Ke-77

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Kepolisian Resor Manggarai Barat melalui Seksi Kedokteran dan Kesehatan Polri (Sidokkes) menggelar Bhakti Kesehatan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Manggarai Barat. Kali ini dua instansi ini bersinergi menggelar donor darah untuk yang membutuhkan. Sedikitnya 19 kantong darah berbagai golongan terkumpul dari para pendonor, pada Jumat (23/06/2023) kemarin.

Para pendonor ini terdiri dari para personil Polres Manggarai Barat, Kompi 4 Yon B Pelopor Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Koramil 1612-02/Komodo, Basarnas, Bhayangkari dan Jalasenastri serta instansi terkait lainnya.

Bakti Kesehatan berupa aksi donor darah bersama ini digelar secara bergantian di Aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat dengan dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M.

Para anggota Polri maupun TNI serta instansi terkait yang akan ikut mendonorkan darahnya wajib diawali dengan screening dengan mengisi formulir, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan golongan darah dan pengecekan hemoglobin (Hb).

Dari jumlah peserta donor darah 58 peserta, mereka yang diterima untuk mendonorkan sebanyak 19 Peserta. Ada pula 39 peserta gagal ikut serta donor darah karena tidak memenuhi syarat.

Syarat yang dimaksud yaitu mengalami tensi yang tinggi, ada juga tensi sangat rendah, dan juga ada yang memiliki kadar Hb atau sel darah merah yang kurang sehingga tidak dapat melakukan donor darah karena beresiko untuk calon pendonor.

Selain itu, beberapa pendonor juga sudah pernah mendonorkan darahnya dengan jeda waktu kurang dari 3 bulan sehingga belum bisa mendonorkan darah.

"Hari ini kami melaksanakan bakti kesehatan berupa donor darah dalam rangka Hari Bhayangkara ke-77. Setetes darah rekan Polri dan Bhayangkari hingga TNI dan Jalasenastri serta instansi terkait ini semoga bisa membantu mereka yang membutuhkan," ujar Perwira berpangkat AKBP itu.

Kapolres Mabar menambahkan bakti kesehatan donor darah dilakukan guna membantu ketersediaan stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Manggarai Barat.

"Darah yang terkumpul sebanyak 19 kantong. semoga membantu masyarakat yang membutuhkan. Saya berharap, kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat banyak," imbuh Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Mabar, Yoseph Suhardi mengucapkan terima kasih kepada Polres Manggarai Barat beserta jajarannya dan instansi terkait yang telah mendonorkan darahnya.

"Kami mewakili UDD PMI Mabar mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-77 dan terima kasih kepada peserta donor darah yang sukarela mendonorkan darahnya. Setetes darah kita akan sangat berguna untuk menyelamatkan jiwa orang lain," tandas Yoseph.