Cegah Zero Mistake, Polres Mabar Laksanakan Progam Polisi Belajar

Cegah Zero Mistake, Polres Mabar Laksanakan Progam Polisi Belajar

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Polri hadir untuk menyelesaikan permasalahan atau problem yang ada di masyarakat.

Untuk dapat menyelesaikan masalah-masalah tersebut, dibutuhkan ilmu pengetahuan atau peningkatan kompetensi yang memadai lewat proses belajar dan berlatih, baik formal maupun informal.

Untuk itu, jajaran Kesatuan Resor Manggarai Barat dibawah pimpinan AKBP Felli Hermanto, S.I.K., M.Si. terus berbenah diri melalui program peningkatan kompetensi "Polisi Belajar" yang diharapkan dapat menjadikan Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan.

Terlihat puluhan anggota Kepolisian berpakaian dinas lengkap dari berbagai fungsi, bagian, satuan dan seksi yang ada di Polres Manggarai Barat mengikuti proses belajar dengan pemateri dari Kasat Polairud, AKP I Wayan Merta di Aula Kemala Bhayangkari Polres Manggarai Barat, Rabu (01/03/2023) pagi.

Dalam arahannya, AKP Wayan membawakan sejumlah materi yang meliputi pelaksanaan penegakan hukum di wilayah perairan mengikuti kegiatan intelijen, penyidikan, serta penanganan tahanan dan barang bukti.

Pelaksanaan Patroli, pengawalan, pemberian bantuan pertolongan dan penyelamatan di laut dan perairan, Binmas perairan, serta Potensi masyarakat.

"Dengan peningkatan kompetensi lewat Polisi Belajar diharapkan mampu mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan dalam melaksanakan tugas atau zero mistake," ungkapnya. 

Selain itu, Kasat Polairud juga mengajarkan teknik penggunaan bahasa yang tepat dan mengedepankan sikap professional, tegas namun tetap humanis dalam melaksanakan tugas.

"Selama ini sebagian masyarakat masih memandang buruk (Polri), dan kita harus menepis anggapan negatif tersebut dengan bekerja secara maksimal, meningkatkan bobot kualitas kerja baik dari segi etika, tutur kata maupun tindakan di lapangan," terang AKP I Wayan Merta.

"Jangan sampai mengambil tindakan-tindakan di lapangan yang justru tidak terpuji dan mencoreng institusi Polri," tambahnya.

Tak hanya dari Satuan Polairud program "Polisi Belajar" ini dilakukan oleh seluruh Satuan Kepolisian secara bergiliran setiap hari Rabu yang saat ini digaungkan oleh Bagian Sumber Daya Manusia (Bag SDM) yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok fungsi masing-masing satuan.***