Sinergitas TNI-Polri Bersama Pemerintah Desa, Bantu Masyarakat Bersihkan Material Akibat Longsor

Sinergitas TNI-Polri Bersama Pemerintah Desa, Bantu Masyarakat Bersihkan Material Akibat Longsor

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Akibat longsor ruas jalan Desa Pangga, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat yang tertimbun material hingga mengakibatkan arus lalu lintas menjadi terganggu dan dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Upaya pembersihan pun dilakukan oleh Polsek Kuwus bersama anggota TNI dan masyarakat dengan melakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsor, Jumat (18/11/2022).

Di bawah pimpinan Kapolsek Kuwus Ipda Arsilinus Lentar bersama Komandan Pos (Danpos) Babinsa 1612-08 MP Serka Fabianus Gabi dan anggota Polsek Kuwus beserta Kepala Desa Pangga Patrisius Suwandi dan masyarakat melakukan pembersihan sisa material dengan menggunakan alat seadanya hingga material longsor berhasil dibersihkan. 

Kapolsek Kuwus Ipda Arsilinus Lentar, mengatakan longsor itu terjadi sekitar bulan Maret 2022, dan materialnya menutupi sebagian badan jalan, namun sampai saat ini belum ada upaya pembersihan. 

“Jika kita biarkan akan sangat berbahaya bagi masyarakat pengguna jalan yang melalui jalur itu,” kata Kapolsek Kuwus. 

Sebelum terjadi kecelakaan lalu lintas, Lanjut Ipda Arsi TNI-Polri bersinergi dengan Pemerintah Desa dan Masyarakat melakukan pembersihan, sehingga ruas jalan itu, saat ini aman untuk dilalui. 

“Jadi setelah kami bersihkan arus lalu lintas terlihat sangat lancar masyarakat yang melalui jalur itu merasa sangat nyaman,” ujarnya. 

Selain itu, Kapolsek Kuwus  juga mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya untuk tetap berhati-hati dalam berkendara mengingat wilayah Kuwus merupakan salah satu daerah rawan bencana tanah longsor. 

“Membawa kendaraan jangan terlalu kencang, dan taati aturan lalu lintas yang berlaku guna keselamatan kita bersama,” imbuhnya.