Ratusan Personil Gabungan Siap Amankan Kunjungan Ibu Iriana Joko Widodo di Labuan Bajo

Ratusan Personil Gabungan Siap Amankan Kunjungan Ibu Iriana Joko Widodo di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Ratusan personil gabungan yang terdiri dari unsur TNI-Polri serta instansi terkait siap mengamankan kunjungan Ibu Iriana Joko Widodo bersama Rombongan di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar). 

Berkaitan dengan itu, Ratusan personil gabungan menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Karo Ops Polda NTT, Kombespol Widoni Fedri, di Lapangan Sepakbola SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo, Kabupaten Mabar, Selasa (27/9/2022).

Rencananya, Ibu Iriana Joko Widodo bersama rombongan akan tiba pada, Rabu (28/9/2022) dan melaksanakan berbagai kegiatan hingga Kamis (29/9/2022).

Dalam sambutanya, Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Soni Aprianto yang dibacakan Karo Ops Polda NTT, Kombespol Widoni Fedri menyampaikan, apel gelar pasukan perlu dilaksanakan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgaspamwil) dan Subsatgaspamwil.

"Apel ini penting untuk dilaksanakan, untuk mengecek kesiapan, baik secara perorangan maupun satuan, serta pemahaman tentang tugas serta langkah dan tindakan sesuai prosedur tetap pengamanan VVIP yang berlaku," ucapnya.

Selama Ibu Negara beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, kita harus memberikan jaminan keamanan secara maksimal.

Untuk itu, segala sesuatu yang berkaitan dengan tugas pengamanan VVIP agar dilakukan dengan sebaik-baiknya mulai tahap perencanaan, persiapan sampai dengan pelaksanaan. 

Setiap pengamanan VVIP merupakan kegiatan pengamanan baru yang harus dimulai dari awal dan tidak ada istilah rutinitas dalam pelaksanaannya,” katanya.

Selain itu, manfaatkan apel gelar pasukan ini sebagai sarana komunikasi dan koordinasi yang baik antar unsur pengamanan utamanya untuk menjamin kelancaran pelaksanaan tugas serta menghindari terjadinya kesalahan sekecil apapun dalam pelaksanaannya dilapangan.

Pada kesempatan ini, Pangdam Udayana juga menekankan beberapa hal antara lain, Jalin kerjasama yang sinergi dengan Kepolisian, Pemerintah Daerah dan unsur terkait lainnya, pahami dan kuasai Prosedur. Pengamanan VVIP,  tetap Pegang teguh, disiplin dan rantai komando, Laksanakan koordinasi yang baik dengan unsur pengamanan lainnya. 

Laporkan segera apabila ada hal-hal menonjol dalam pelaksanaan tugas, Utamakan faktor keamanan baik personel maupun materiil yang menjadi tanggung jawab masing-masing, Jaga nama baik satuan dan jalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat, Jaga kesehatan dan tetap melaksanakan disiplin protokol kesehatan dalam setiap aktifitas.

“Saya berharap, semua penekanan yang telah disampaikan dapat dipahami dan dipedomani dengan baik, sehingga seluruh rangkaian kegiatan kunjungan kerja Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan di Labuan Bajo dapat berjalan tertib, aman dan lancar," tutupnya.