Mantan Kasat Reskrim, Kembali Jabat Wakapolres Manggarai Barat

Mantan Kasat Reskrim, Kembali Jabat Wakapolres Manggarai Barat

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Jabatan Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Manggarai Barat kini diemban orang baru. Kompol Budi Guna Putra, S.I.K. tak lagi menjabat Wakapolres Mabar setelah digantikan oleh Kompol Libartino Silaban, S.H., S.I.K.

Pejabat lama, Kompol Budi Guna Putra, S.I.K., dipromosikan sebagai Kasubbag Mutjab Bagian Binkar Biro SDM Polda NTT bertukar posisi dengan Kompol Libartino Silaban, S.H., S.I.K.

Serah terima jabatan (Sertijab) itu dipimpin langsung Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. dihadiri para perwira, bintara dan personel Polres Manggarai Barat serta anggota Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, bertempat di lapangan apel Mapolres Manggarai Barat pada Senin (25/03/2024) sore.

Pelaksanaan sertijab itu berdasarkan Keputusan Kapolda NTT Nomor: KEP/142/III/2024 tanggal 9 Maret 2024, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan Polri di lingkungan Polda NTT.

Pejabat baru Wakapolres Manggarai Barat ini, merupakan perwira menengah yang telah mendapat kepercayaan pada sejumlah jabatan di kepolisian.

Kompol Libartino Silaban, S.H., S.I.K. sendiri bukan orang baru di lingkungan Polres Manggarai Barat. Sebelumnya, mantan Kanit Subdit 1 Ditreskrimsus Polda NTT dan juga Kasubbag Mutjab Bagian Binkar Biro SDM Polda NTT ini menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Manggarai Barat.

Dalam sambutannya, Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan bahwa mutasi dalam jabatan di tubuh Polri adalah hal yang dinamis. 

"Pergantian jabatan di tubuh Polri adalah hal biasa. Hal ini menunjukkan dinamika di tubuh Polri berjalan baik," ujar Orang nomor satu di Polres Manggarai Barat itu.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakapolres yang lama atas dedikasi dan juga capaian yang sudah diraih selama ini. Terutama, dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Polres Manggarai Barat.

"Pada kesempatan ini, saya secara pribadi dan selaku Kapolres serta keluarga besar Polres Manggarai Barat,  menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada Kompol Budi Guna Putra, S.I.K. yang telah bertugas kurang lebih 1 tahun sebagai Wakapolres. Semoga, pengalaman saudara dapatkan bisa diterapkan ditempat tugas yang baru," beber Kapolres.

Sementara untuk Wakapolres baru, Kapolres Mabar menyampaikan selamat datang kembali ke Labuan Bajo dan bergabung bersama keluarga besar Polres Manggarai Barat. Wakapolres baru diminta segera beradaptasi dengan lingkungan Polres setempat. 

"Saya yakin tidak sulit bagi Kompol Libartino Silaban, S.H., S.I.K., karena sebelumnya pernah menjabat sebagai Kasat Reskrim di sini (Manggarai Barat). Laksanakan tugas kepolisian yang diemban secara profesional dan proporsional dengan penuh kesadaran serta tanggung jawab," tutur Mantan Kapolres Alor itu.

Selain itu, Alumni Akpol angkatan 2004 itu juga mengingatkan seluruh personil Polres Manggarai Barat agar tetap bersyukur atas jabatan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

"Saya mengingatkan kepada kita semua bahwa jabatan yang kita emban saat ini adalah merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, oleh sebab itu marilah kita laksanakan dengan sebaik-baiknya," pungkasnya.**#