Malam Minggu, TNI-Polri Bersama Pemdes Batu Cermin Laksanakan Patroli Gabungan

Malam Minggu, TNI-Polri Bersama Pemdes Batu Cermin Laksanakan Patroli Gabungan

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo, Sebagai pengayom masyarakat tentunya tak lepas dari tugas dan tanggung jawab sebagai aparat kewilayahan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah binaannya.

Disamping itu sebagai perwujudan sinergitas TNI dan Polri dalam rangka mengemban tugas pembinaan wilayah, Babinsa, Serma Adhar dan Bhabinkamtibmas, Aipda Mario Awa, S.H. melaksanakan kegiatan Patroli Malam Minggu di wilayah Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, NTT pada Sabtu (23/03/2024) malam.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh Pemerintah Desa Batu Cermin diantaranya Kepala Desa, Marianus Yono Jehanu, SE dan tiga orang Staf Desa serta dua orang anggota Linmas Desa Batu Cermin.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada seluruh warga Desa Batu Cermin. Kegiatan patroli dilaksanakan dengan menyisir berbagai area strategis, seperti permukiman, pusat perbelanjaan, pasar, cafe dan lokasi publik lainnya," kata Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. melalui Kasi Humas, Iptu Eka Darma Yuda saat dikonfirmasi pada Minggu (24/03/2024) siang.

Menurut dia, dalam patroli gabungan tersebut bersifat imbauan yang dilakukan dengan humanis, meskipun demikian akan tetap dilakukan penindakan apabila ditemukan tindak pidana.

"Yang kami tekankan yaitu memelihara kamtibmas, sehingga tercipta situasi yang kondusif di tengah masyarakat," ucapnya.

Lanjut Kasi Humas, Ia menuturkan patroli gabungan itu merupakan bentuk komitmen bersama menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Labuan Bajo khususnya di Desa Batu Cermin. Dia menegaskan pentingnya sinergi antara TNI, Polri, dan Pemerintah Desa dalam menjaga keamanan wilayah.

"Patroli gabungan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa lain dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Dengan keterlibatan aktif semua pihak, diharapkan Desa Batu Cermin dapat terus menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali dan dikunjungi," tutur Pak Eka sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, dia juga mengimbau kepada semua pihak dan lapisan masyarakat agar selalu bersama-sama menjaga dan memelihara kamtibmas, menjaga keharmonisan dan rasa kekeluargaan.

"Petugas gabungan tidak hanya melakukan pemantauan, tetapi juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga keamanan diri dan lingkungan sekitar," ujarnya.

Selain itu, ia mengapresiasi kerja sama lintas sektoral dalam pelaksanaan patroli gabungan ini. Ia juga menegaskan bahwa keamanan merupakan tanggung jawab bersama yang harus dijaga oleh seluruh elemen masyarakat.

"Menjaga keamanan dan kenyamanan bukan hanya tugas Polisi dan TNI, melainkan tanggung jawab bersama termasuk seluruh elemen lapisan masyarakat. Dengan kerja sama yang baik, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi semua warga masyarakat," ungkapnya.**#