Hari Buruh Sedunia, Polres Mabar Gelar Apel Siaga Satu

Hari Buruh Sedunia, Polres Mabar Gelar Apel Siaga Satu

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Ditengah Pandemi Virus Corona (Covid-19) Kepolisian Resor Manggarai Barat tetap melaksanakan apel kesiapan pelaksanaan kegiatan Peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) di halaman Mapolres Mabar, Jumat (1/05/2020).

 

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Kapolres Mabar, AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si. dan diikuti seluruh anggota Polres Mabar serta tetap memperhatikan Protokol Covid-19 dengan menjaga jarak atau physical distancing.

 

AKBP Handoyo mengatakan, Apel gelar pasukan ini dalam rangka mengecek kesiapan anggota pengamanan dalam rangka kegiatan Hari Buruh Sedunia yang diperingati setiap 1 Mei (May Day).

 

“Dalam menghadapi Hari Buruh Sedunia (May Day ) pada 1 Mei, kita harus mengantisipasi, terutama kesiapan kita dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam memperingati Hari Buruh di wilayah hukum Polres Mabar,” kata Kapolres.

 

Hari Buruh ini lahir dari perjuangan kaum pekerja pada negara kapitalitas Amerika Serikat dan Eropa.

 

Hari Buruh diperingati setelah terjadinya bentrok antara pihak keamanan dan pekerja yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa pada Mei 1886.

 

Di Indonesia, Hari Buruh mulai diperingati sejak 1 Mei 1920.

 

AKBP Handoyo menjelaskan, May Day biasanya akan dilakukan aksi turun jalan, unjuk rasa yang melibatkan massa dalam jumlah besar, yang dilakukan oleh pekerja, buruh, mahasiswa, dan juga LSM.

 

“Untuk itu kita Polres Mabar akan menjaga agar aman dan di tengah situasi pandemi Covid-19, dilarang untuk berkerumun, jaga jarak atau physical distancing,” ujarnya.

 

Selanjutnya, Kabag Ops Polres Mabar, AKP Roberth M. Bolle, S.Psi. menyampaikan bahwasannya hari ini seluruh personil Polri termasuk di Polres Mabar dan Jajaran melaksanakan Apel Siaga I dalam rangka Mayday.

 

“Meskipun di wilayah kita tidak ada aksi demonstrasi, namun seluruh personil diharapkan tetap standby melaksanakan Apel Siaga I sampai status siaga I ini dicabut guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang diluar dugaan atau prediksi,” tegas AKP Roberth M. Bolle, S.Psi.

 

Usai pelaksanaan Apel, Anggota sebagian melaksanakan standby di Mapolres Mabar dan sebagian lagi diarahkan untuk melaksanakan patroli guna memonitoring jika ada pergerakan ataupun aksi-aksi yang dilakukan oleh buruh yang diluar prediksi, juga menghimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker jika keluar rumah, jaga jarak (physical distancing) serta jaga kebersihan.*(RS)*