Berkah Ramadhan, Kapolres Mabar Bagikan Takjil Kepada Pengendara di Labuan Bajo

Berkah Ramadhan, Kapolres Mabar Bagikan Takjil Kepada Pengendara di Labuan Bajo

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Labuan Bajo - Menjelang berbuka puasa, Kepolisian Resor (Polres) Manggarai Barat berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan dengan membagikan takjil (makanan berbuka puasa) ke pengendara roda dua, roda empat dan warga pejalan kaki yang melintas, Sabtu (23/03/2024) sore.

Mengambil lokasi di kawasan Puncak Waringin Labuan Bajo, Manggarai Barat, kegiatan bagi-bagi takjil di hari ke-12 Bulan Ramadhan 1445 H ini langsung dipimpin Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. 

Kegiatan ini juga diikuti oleh Ketua Bhayangkari Cabang Mabar, Ny. Iing Ari Satmoko, S.An., M.M., pejabat utama (PJU), personil Polres Manggarai Barat dan Bhayangkari Cabang Mabar.

Kapolres Mabar, AKBP Ari Satmoko, S.H., S.I.K., M.M. mengatakan, kegiatan bagi-bagi takjil di bulan Ramadhan ini adalah sebagai upaya untuk menunjukkan kepedulian dan kedekatan polisi dengan masyarakat.

"Ini sebagai wujud perhatian kepada masyarakat. Kami ingin memastikan mereka memiliki bekal untuk berbuka puasa, terutama bagi mereka yang masih jauh dari rumah," kata Kapolres Mabar.

Selain sebagai bentuk kepedulian, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan suasana kebersamaan dan solidaritas antara kepolisian dan masyarakat. 

"Semoga dengan kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antara Polres Mabar dengan masyarakat, serta meningkatkan kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap pihak kepolisian," jelasnya.

Ia berharap dengan pembagian takjil ini dapat menemani masyarakat berbuka, khususnya yang melaksanakan ibadah puasa di bulan penuh rahmat ini. 

"Semoga kegiatan positif ini dapat menjadi amal ibadah bagi kita semua, dalam membantu sesama," ungkap Alumni Akpol angkatan 2004 itu.

Pada kesempatan itu, pihak kepolisian juga memberikan imbauan atau sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas di jalan raya dan menjaga keamanan serta kenyamanan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

"Kami berbagi takjil sambil menyampaikan pesan untuk para pengendara tentang ketertiban lalu lintas berikut resikonya jika nekat melanggar. Kami harapkan tidak hanya selama bulan Ramadhan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari, budaya tertib masih tertanam di setiap pribadi kita semua sehingga menekan angka fatalitas kecelakaan," imbaunya.

Kemudian, terkait arus mudik menjelang libur panjang Idul Fitri pada bulan April mendatang. Kapolres mengimbau, agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Memperhatikan tempat-tempat istirahat, kalau memang lelah segera istirahat.

"Kita tidak pungkiri bahwasannya hari libur nanti bukan saja saudara-saudara kita yang muslim yang melakukan berpergian. Akan tetapi yang lainnya juga bersamaan mengunjungi keluarga maupun tempat rekreasi yang berada di dalam maupun luar wilayah Manggarai Barat," ujar mantan Kapolres Alor itu.

Sementara itu, para pengguna kendaraan awalnya sempat mengira ada razia polisi di jalan, sehingga sedikit gugup.

Namun ketika mengetahui ada pembagian takjil, para pengendara pun tampak antusias menerima takjil yang dibagikan. Dalam hitungan menit saja, 100 bungkus takjil sudah ludes terbagi.

"Terima kasih atas pemberian takjilnya. Semoga menambah keberkahan kepada para anggota polisi dalam mengemban tugas," tutur Alimudin, salah satu warga yang melintas.**#