IMG_20190310_010433

Longsor Manggarai Barat: Kapolres Manggarai Barat Tinjau Lokasi dan Temui Para Pengungsi

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Kapolres Manggarai Barat (Mabar) AKBP Julisa Kusumowardono S.IK, M.Si bersama unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) meninjau lokasi di 8 titik longsor di Kecamatan Mbeliling, Mabar, Sabtu (09/03/19) Pagi.

Ikut dalam rombongan, Bupati Mabar Drs Agustinus Ch. Dulla, Wabup Mabar dr. Maria Geong PhD, Kajari Labuan Bajo, Asisten II Mabar, Perwira penghubung TNI 1612 Mgr, Danki Brimob Subden 4 Pelopor Labuan Bajo, Para Pejabat Utama Polres Mabar, Koordinator Basarnas Mabar serta Personel Gabungan TNI-POLRI, Pol-PP dan Basarnas.

Adapun 8 titik longsor tersebut menimpa Kampung Melo, Desa Liang Dara dan Kampung Culu, Desa Todong Belang.

Sedangkan untuk lokasi pengungsian bencana longsor dipusatkan di gereja Stasi Emanuel Melo yang didalamnya terdapat 287 orang diantaranya 152 Laki-laki orang dan 135 perempuan.

Lantaran jalan utama tertutup longsoran tanah, rombongan sempat menempuh jalan alternatif dengan jalan kaki dan menjumpai masyarakat yang hendak menuju Kabupaten Manggarai dengan kondisi cedera.

IMG_20190310_010532

Mengetahui hal tersehut, Kapolres Mabar menginstruksikan para Personel Polres Mabar untuk mengantar masyarakat menuju jalan beraspal demi kelancaran perjalanan.

Setiba di Kampung Melo, dalam arahannya, kapolres menyebut pihak pemerintah telah menyiapkan posko pengungsian di Labuan Bajo dengan jaminan perawatan kesehatan dan logistik untuk para korban bencana.

“Terutama bila ada ibu-ibu hamil tia dan anak-anak bayi yang butuh pertolongan, dihimbau berangkat ke labuan bajo agar bisa diberi pertolongan dan juga mudah dikontrol dilokasi pengungsian” Terang Kapolres

Lebih lanjut, Kapolres mengatakan pemerintah akan berusaha maksimal untuk menangani dua bencana yang terjadi bersamaan

“Saya harap masyarakat tetap bersabar karena ada bencana banjir dan longsor di lokasi yang berbeda yang harus ditangani” lanjutnya.

Sementara itu Bupati Mabar menghimbau kepada masyarakat untuk tidak beralih dari posko pengungsian sementara lantaran cuaca buruk masih berlangsung.

“Dimohon masyarakat tidak beralih dulu dan untuk logistik kami sudah siapkan beras sembako juga obatan-obatan untuk kebutuhan para korban” Ujar Bupati

Sejumlah alat berat pun turut dikerahkan untuk membersihkan longsoran tanah yang sempat menutupi Jalan Transflores.

Untuk diketahui, akibat longsor tersebut sebanyak 4 orang dinyatakan hilang dan masih dalam proses pencarian oleh personel gabungan TNI-Polri dan Basarnas Manggarai Barat.

About Humas Polres Mabar

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Mabar - Admin Bripda Aditya Cahyanti

Check Also

IMG-20190517-WA0000

Polsek Lembor Tangani Dugaan Peyerobotan Sawah Milik Pensiunan PNS

Tribratanewsmanggaraibarat.com-Polsek Lembor menanggapi dugaan kasus penyerobotan tanah di persawahan raminara, Desa Siru, Kecamatan Lembor, Manggarai …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *