Kapolres Mabar Jadi Salah Satu Narasumber Talk Show Kontra Radikalisme

Kapolres Mabar Jadi Salah Satu Narasumber Talk Show Kontra Radikalisme

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Menyambut hari lahir Pancasila, pemuda Labuan Bajo yang tergabung dalam komunitas Rumah Kreasi mengadakan Talk Show Kontra - Radikalisme bertempat di Gedung Kemala Bhayangkari Polres Mabar. Rabu ( 30 / 05 / 2018 ).

Talk show yang bertemakan " Resolusi Pancasila dalam Memutus Rantai Radikalisme di Manggarai Barat" menghadirkan para narasumber dari pihak keamanan dan para tokoh agama yang ada di Labuan Bajo.

Adapun para narasumber yang ikut berpartisipasi yakni dari Polres Mabar, Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K., M.Si., Koramil 1612-02 Komodo, Danramil Kapten Inf Sulaiman, Romo Robert Pelita,Pr Ketua FKUB Kabupaten Manggarai Barat serta Ketua MUI Kabupaten Manggarai Barat yakni Bapak Sakar Abdul Jangku, M.Si

Kegiatan tersebut juga di hadiri Kasat Intelkam Polres Mabar Iptu Cakra Mudra, S.IP., Pemuda Muhamadiyah Kabupaten Mabar, OMK Mabar, Remaja Masjid Mabar, Siswa - siswi Kota Labuan Bajo, Pemuda Lintas Agama serta rekan - rekan Pers Mabar.

Kegiatan di buka dengan tarian daerah Mabar yang di bawakan oleh muda mudi Rumah Kreasi Mabar, dilanjutkan dengan pemberian materi pembuka yakni dari Kapolres Mabar dengan tema " Penanggulangan Ancaman Radikalisme dan Terorisme di Mabar ". Dalam materinya beliau mengatakan bahwa ancaman global merupakan salah satu faktor yang menyebabkan munculnya pahan Radikalisme dan Terorisme yang di tandai dengan beberapa ancaman serta permasalahan yang terjadi di skala nasional.

Narasumber selanjutnya yakni Danramil 1612-02, Kapten Inf Sulaiman Baba membawakan materi tentang "Pengguatan Nilai - nilai Pancasila dan Wawasan Kebangsaan Bela Negara dalam Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di Kabupaten Mabar".

Selanjutnya materi di berikan oleh Ketua FKUB Romo Robert Pelita, Pr Ketua FKUB Manggarai Barat dengan tema " Peran Tokoh dan Umat Beragama dalam Upaya Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme di Kab Mabar".

Di akhir materi di tutup dengan materi yang di bawakan oleh Ketua MUI Kabupaten Mabar Sakar Abdul Jangku, M.Si dengan tema " Perspektif MUI dalam Menyikapi Kelompok Radikal dan Ancaman Terorisme di Kabupaten Mabar ".

Talk show di akhiri dengan pemberian bingkisan, serta foto bersama seluruh tamu yang hadir dan di tutup dengan buka puasa bersama.

Kegiatan talk show tersebut membuat cara pandang anak muda khususnya yang berada di Labuan Bajo agar tetap bepegang teguh terhadap ideologi negara yaitu Pancasila sebagai satu - satunya dasar negara agar tidak mudah terprovokasi dengan hal - hal yang dapat memecah belah antara satu dengan yang lain terutama dengan isu - isu yang beredar beberapa waktu lalu yang mengikutsertakan agama.