Bhayangkari Peduli Pangan, Menjadi Salah Satu Narasumber Pelatihan Olahan Pangan Bahan Dasar Sorgum Desa Ngancar Lembor

Bhayangkari Peduli Pangan, Menjadi Salah Satu Narasumber Pelatihan Olahan Pangan Bahan Dasar Sorgum Desa Ngancar Lembor

Tribratanewsmanggaraibarat.com - Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan , pakan ternak dan bahan baku industri . Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum , jagung , padi , dan jelai . Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Biji Sorgum memiliki kandungan karborhidrat tinggi sehingga dimanfaatkan sebagai makanan pokok oleh lebih dari 500 juta penduduk bumi.

Pada bulan Maret lalu, Aliansi Petani Lembor (APEL) Kelompok Perintis Poco Koe 1 di Desa Ngancar, Kecamatan Lembor, melaksanakan kegiatan Panen Simbolis Sorgum juga dihadiri Kapolres Manggarai Barat,  AKBP Julisa Kusumowardono, S.I.K, M.Si dan Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, dr. Wita Widyaningsih Julisa.

IMG-20180511-WA0099[1]

Kali ini kembali di selengarakan  kegiatan oleh APEL ( Aliansi Petani Lembor ) yakni kegiatan pelatihan olahan pangan tingkat lanjut berbahan dasar sorgum yang bertujuan untuk pengolahan sorgum menjadi bahan pangan sehingga membangun mutu petani sorgum yang ada di kecamatan Lembor dan sekitarnya. Kegiatan di buka oleh oleh Ketua Bhayangkari Cabang Manggarai Barat, dr. Wita Widyaningsih Julisa yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut. Jumat ( 11 / 05 / 2018 ).

Kegiatan ini akan di selengarakan selama dua hari sejak tanggal 11 Mei sampai 12 Mei 2018 bertempat di gedung Serba Guna kampong Poco Joe Desa ngancar Kecamatan Lembor. kegiatan yang dimulai pada pukul 09.30 wita di awali dengan pengalungan selendang oleh ibu - ibu kelompok APEL kepada para undangan.

Turut hadir dalam kegiatan yakni Ahli Prosesinya dari Universitas Gajah Mada Ibu Fayi Raihan Saleh, Kepala Bidang Farmasi Dinkes Mabar Bapak Adrianus Ojo, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kab. Mabar Bapak Ardianus J, Ketua Aliansi Petani Lembor bapak Benediktus Pambur, Bhayangkari ranting Lembor serta masyarakat Desa Ngancar.

Dalam materinya Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Mabar menyampaikan bahwa Sorgum memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan termasuk mencegah beberapa jenis kanker, membantu mengendalikan diabetes, pilihan makanan yang baik bagi penderita penyakit Celiac, meningkatkan kesehatan pencernaan, menguatkan tulang, meningkatkan pembentukan sel darah merah dan meningkatkan energy.

“Selain itu juga merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes karena katul Sorgum yang kaya akan zat tannin ini sebenarnya juga memiliki enzim yang bisa menghambat penyerapan pati oleh tubuh, sehingga bisa membantu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Sebelum mempromosikan hasil pangan yang kita hasilkan setidaknya kita perlu mengetahui Sorgum itu apa dan kegunaan serta fungsinya bagi kesehatan”. Ujar Ibu Ketua Bhayangkari Cab. Mabar.

Akhir kegiatan di laksanakan foto bersama semua tamu yang hadir dalam kegiatan tersebut serta ucapan terima kasih dari penyelengara kepada narasumber juga para tamu yang hadir sehingga mendapatkan informasi dari kegiatan yang selengarakan pada hari ini.